17 Cara Mudah Menjaga Lingkungan Agar Tetap Asri
Taman relief tebing jakarta
Tukang Kolam Relief Tebing & Taman Jakarta
Februari 25, 2020
tanah untuk taman
Mengenal 9 Jenis Tanah Untuk Taman di Halaman Rumah
September 14, 2020

17 Cara Menjaga Lingkungan Agar Tetap Asri

Sebagaimana yang diketahui, bahwa hampir setiap hari ada sebuah kabar buruk yang mengenai keadaan bumi. Mulai dari mencairnya es di Kutub Utara dan Selatan, lautan yang penuh dengan sampah dan limbah, hingga flora dan fauna yang terancam punah.

Semua itu tidak lepas dari faktor perubahan iklim serta pemanasan global yang semakin parah. Setidaknya ada beberapa cara sederhana untuk melindungi kelestarian bumi. Berikut ini akan diulas cara menjaga lingkungan agar tetap asri.

Cara Menjaga Kelestarian Lingkungan

cara menjaga lingkunagan

Salah satu ciri lingkungan yang bersih yaitu terbebas dari polusi udara dan polusi air. Dengan menjaga lingkungan sekitar, tentunya akan memberikan manfaat berlimpah bagi kehidupan makhluk hidup di bumi.

1. Tidak Membuang Sampah Sembarangan

Apabila anda membuang sampah tidak pada tempatnya, akan mengakibatkan lingkungan sekitar menjadi kotor serta akan berdampak negatif pada ekosistem. Sedangkan untuk sampah yang termasuk kategori sulit terurai, pada akhirnya akan terbawa ke lautan.

Sampah yang ikut terbawa arus lautan bisa membahayakan makhluk hidup di lautan. Karena mereka akan mengira bahwa sampah tersebut merupakan makanan bagi mereka dan mengkonsumsinya. Cara terbaik melindungi biota laut adalah dengan membuang sampah pada tempatnya.

2. Mendaur Ulang

Sebagian jenis sampah seperti botol minuman dan kardus bisa anda recycle atau daur ulang, dengan cara mengkreasikannya menjadi berbagai hiasan atau barang lainnya yang sedang dibutuhkan. Hal tersebut tentunya akan membantu mengurangi jumlah sampah di lingkungan.

3. Mengurangi Belanja Online

Mengurangi belanja online juga bisa jadi salah satu cara menjaga lingkunagn karena jika anda gemar berbelanja online, maka secara tidak langsung akan menambah jumlah sampah. Pasalnya berbagai barang yang dikirim ke rumah anda tersebut, akan dibungkus dengan plastik atau kardus.

Oleh sebab itu anda harus bisa mengurangi pembelian secara daring tersebut. Dengan begitu anda bisa membantu untuk meminimalisir penggunaan plastik. Anda masih bisa membeli berbagai kebutuhan di toko terdekat dengan membawa tas belanja sendiri.

4. Membeli Barang Proloved

Masih banyak barang yang bisa digunakan kembali dengan fungsi yang sama. Contohnya saja barang yang memiliki penggunaan dalam waktu yang singkat akibat pertumbuhan seseorang, seperti pakaian, sepatu, dan lainnya.

Anda bisa mendapatkan semua benda tersebut dengan membeli yang sudah bekas atau secondhand, tetapi masih layak untuk dipakai kembali. Dengan melakukan cara seperti ini tentunya bisa mengurangi jumlah sampah, kegiatan produksi dan meminimalisir adanya sampah.

5. Membeli Produk Lokal

Banyak produsen lokal yang memproduksi berbagai barang kebutuhan harian masyarakat. Dengan cara membeli produk dari produsen lokal ini, ternyata bisa membantu dalam proses menjaga lingkungan serta membantu perekonomian mereka.

Sehingga jumlah polusi kendaraan yang digunakan untuk mengirim barang dari jarak jauh, bisa dikurangi. Selain itu banyak juga produk lokal tersebut yang terbuat dari bahan ramah lingkungan.

6. Mematikan Lampu Saat Tidak Digunakan

Cara yang keenam ini juga dipercaya ampuh untuk bisa menjaga lingkungan, yaitu cukup mematikan lampu apabila sudah tak digunakan. Jadikan cara menghemat energi listrik ini sebagai kebiasaan anda.

7. Menggunakan Air Secukupnya

Selain menghemat listrik, cara menjaga lingkungan yang selanjutnya yaitu menggunakan air seperlunya saja. Karena semakin sedikit air yang digunakan, maka akan anda akan meminimalisir limbah air yang harus dikeluarkan.

Dengan begitu anda bisa membantu untuk melestarikan ekosistem yang ada di air agar tidak tercemar dengan berbagai limbah seperti pabrik dan rumah tangga. Karena dengan limbah tersebut membuat ekosistem di air menjadi rusak.

Baca : Manfaat Dan Pentingnya Taman Pada Halaman Rumah

8. Mengganti Sedotan

Sedotan minuman pada umumnya terbuat dari plastik sekali pakai. Untuk bisa mengurangi jumlah sampah plastik, anda bisa menggantinya dengan sedotan yang terbuat dari stainless atau bambu.

Bahan tersebut tentunya bisa anda gunakan berulang kali, serta sangat ramah lingkungan. Bawalah sedotan tersebut tiap kali anda keluar rumah atau sedang pergi ke tempat makan, karena dengan begitu anda tak perlu lagi menggunakan sedotan plastik.

9. Membawa Botol Minuman Sendiri

Sama halnya seperti sedotan, botol minuman juga biasanya terbuat dari bahan plastik. Meski pemakaiannya bisa digunakan berulang kali, tapi lebih baik anda menggunakan botol minuman sendiri dari rumah untuk menghindari pembelian minuman dalam botol atau gelas plastik.

Cara menjaga lingkungan ini juga akan membantu mengurangi sampah yang berbahan plastik di lingkungan. Pastikan untuk membawa botol minuman yang terbuat dari bahan ramah lingkungan agar bisa anda gunakan tiap hari saat sedang keluar rumah.

10. Mengurangi Makan Daging

Buatlah komitmen pada diri anda sendiri, untuk bisa mengurangi makan daging karena ternyata diperlukan 2.500 galon air untuk memproduksi satu pound daging sapi. Kini banyak wilayah hutan yang telah beralih fungsi menjadi peternakan akibat permintaan daging yang tinggi.

11. Bersepeda atau Naik Kendaraan Umum

Dengan bersepeda atau naik kendaraan umum saat akan bepergian, tentunya bisa mengurangi emisi karbon yang berasal dari kendaraan pribadi. Emisi karbon tersebut merupakan penyebab utama perubahan iklim serta polusi udara.

12. Mencabut Kabel Elektronik

Mencabut berbagai kabel elektronik seperti pengering rambut, televisi, charger smartphone, maupun perlengkapan elektronik lainnya akan membantu anda dalam menghemat listrik. Lakukanlah hal ini setiap hari, ketika anda ingin meninggalkan rumah.

13. Menanam Pohon

Sebagaimana yang diketahui bahwa pohon merupakan penyedia oksigen bagi makhluk hidup terutama manusia. Pohon ini juga bisa membantu menyimpan energi, membersihkan air, membersihkan udara, serta membantu melawan perubahan iklim.

Lihat : Tukang Kolam Relief & Taman Jakarta

14. Membuat Kompos

Apabila anda memiliki stok sampah yang berlimpah di rumah, maka anda bisa mengolahnya menjadi kompos. Cara menjaga lingkungan ini akan membantu mengurangi jumlah limbah padat yang anda hasilkan. Selain itu kompos juga bisa digunakan sebagai pupuk alami.

15. Mencari Ikan dengan Cara Tradisional

Melakukan pencarian ikan dengan menggunakan cara yang tradisional memang sangat aman dan tidak akan merusak ekosistem lautan. Karena dengan adanya pencarian ikan yang menggunakan bom atau racun akan menimbulkan kerusakan yang parah pada ekosistem laut.

Cara tradisional yang dimaksud adalah dengan memancing ikan serta menggunakan jaring ikan. Kedua cara tersebut diklaim lebih baik daripada menggunakan cara ilegal yang bisa mengganggu atau bahkan merusak ekosistem lautan.

16. Membuat Terasering di Daerah Pegunungan

Sengkedan atau terasering sendiri adalah salah satu cara yang bisa dibilang efektif untuk bisa membantu menjaga lingkungan. Karena terasering ini bisa membantu mencegah adanya tanah longsor yang bisa membahayakan masyarakat setempat.

17. Bergabung dengan Komunitas Peduli Lingkungan

Anda bisa mencari informasi mengenai komunitas peduli lingkungan yang berada di wilayah sekitar anda. Dengan bergabung dengan mereka, maka anda bisa berkolaborasi dengan banyak orang untuk menerapkan cara menjaga lingkungan dan alam agar tetap asri.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membantu menjaga kelestarian lingkungan sekitar. Dengan begitu lingkungan sekitar anda akan tetap asri dan terbebas dari ancaman berbahaya bagi keselamatan makhluk hidup di bumi.

Alamasri
Alamasri
Provides a Full Range of Landscape Services, Plants Contract Growing, Maintenance and Nursery.